Alinea

1.  Pengertian


       Alinea, dari kata Latin a linea, merujuk pada pilcrow (¶) yang menandakan paragraf baru. Penjelasan singkatnya, alinea disebut juga paragraf atau bait adalah suatu pertanda dari sebagian cerita, dimana ditandai dengan menjorok kedalamnya baris pertama pada paragraf dari pada baris-baris lainya.

2.  Macam-Macam Alinea

       A.  Berdasarkan sifat dan tujuannya, alinea dapat dibedakan menjadi :
             Alinea Pembuka
             Alinea Penghubung
             Alinea Penutup
       B.  Berdasarkan sifat isinya, alinea dapat dibedakan menjadi :
            Alinea persuatif
            Alinea argumentatif
            Alinea naratif
            Alinea deskriptif
            Alinea ekspositoris
      C.  Berdasarkan fungsi, alinea dapat dibedakan menjadi :
           Alinea Pembuka
           Alinea Pengembang
           Alinea Penutup

3.  Syarat-syarat Pembentukan  Alinea

      Adapun syarat - syarat dari alinea yaitu :
      1.  Kesatuan, maksudnya semua kalimat yang membina alinea itu secara bersama-sama menyatakan satu
           hal suatu hal tertentu.
      2.  Koherensi, (kekompakan hubungan antara sebuah kalimat dengan kalimat yang lain yang membentuk
           alinea itu).
      3.  Perkembangan alinea, (perkembangan alinea adalah penyusunan/ perician daripada gagasan-gagasan 
           yang membina alinea-alinea itu)
      4.  Efektif, dengan penggunaan kalimat yang efektif, maka ide akan disampaikan secara tepat.

4.  Macam-macam Bentuk Penempatan Kalimat Topik

      A.  Contoh paragraf atau alinea dengan kalimat topik di awal paragraf (Deduktif):
       
            Lukisan-lukisan itu dirampas rejim Nazi selama berkuasa dari 1933 sampai 1945, dari para kolektor Yahudi. Para kolektor Yahudi dipaksa menjual koleksi lukisan mereka dengan harga sangat murah atau lukisan mereka dirampas begitu saja setelah dinyatakan sebagai karya seni tidak bermutu.

       B.  Contoh paragraf atau alinea dengan kalimat topik di akhir paragraf (Induktif) :
             
             Majalah "Focus" memberitakan, ayah Cornelius Gurlitt adalah seorang pedagang dan kolektor lukisan yang cukup terkenal selama Perang Dunia II, Hildebrand Gurlitt. Setelah Nazi naik ke tampuk kekuasaan, ia sempat dipecat dari jabatannya sebagai Direktur Musium Hamburg. Namun karena ia punya jaringan luas di dunia seni, ia akhirnya ditugaskan untuk menjual karya seni rampasan Nazi.

       C.  Contoh paragraf atau alinea dengan kalimat topik di awal dan di akhir paragraf (Deduktif-Induktif) :

             Rejim Nazi menyita dan menyimpan ribuan lukisan milik warga Yahudi selama perang. Hildebrand Gurlitt lalu menyembunyikan lukisan-lukisan tersebut setelah perang. Kepada pihak berwenang ia mengatakan, semua lukisan sudah hancur terbakar dalam serangan bom selama perang. Ternyata ia mewariskan barang-barang berharga itu kepada anaknya.

Perkembangan Alinea

1.  Klasifikasi


       A.  Klimaks Dan Anti Klimaks
             Perkembanagn gagasan dalam sebuah alinea dapat disusun dengan mempergunakan dasar klimaks, yaitu gagasan utama yang mula-mula diperinci dengan sebuah gagasan bawahan yang dianggap paling rendah kedudukannya. Berangsur-angsur dengan gagasan lain hingga ke gagasan yang paling tinggi kedudukannya. Dengan kata lain, gagasan-gagasan bawahan disusun dengan sekian macam sehingga tiap gagasan yang berikut lebih tinggi kepentingannya dari gagasan sebelumnya.
            Variasi dari klimaks adalah antiklimaks yaitu, penulis memulai dari gagasan yang dianggap paling tinggi kedudukannya kemudian perlahan-lahan menurun melalui gagasan yang lebih rendah dan semakin rendah.

       B.  Sudut Pandangan
            Yang dimaksud sudut pandangan adalah tempat dimana seorang pengarang melihat sesuatu. Tapi, sudut pandang pandangan tidak diartikan sebagai penglihatan atas suatu barang dari atas atau dari bawah. Tetapi, bagaimana kita melihat barang itu dengan mengambil suatu posisi tertentu. Bagaimana seseorang menggambarkan isi sebuah ruang? Pertama-tama ia harus mengambil sebuah posisi tertentu, kemudian secara perlahan-lahan berurutan menggambarkan barang demi barang yang terdapat dalam ruangan tersebut, dimulai dari yang paling dekat berangsur-angsur kebelakang. Sebab itu, urutan ini juga disebut urutan ruang-ruang. 

       C.  Perbandingan Dan Pertentangan
            Yaitu suatu cara dimana pengarang menunjukkan kesamaan / perbedaan antara dua orang bjek atau gagasan dengan bertolak dari segi-segi tertentu. Kita dapat membandingkan misalnya dua tokoh pendidikan, bagaimana politik pendidikan yang dijalankannya dengan memperhatikan pola segi-segi lain untuk menerangkan gagasan sentral itu. Maksudnya untuk sampai kepada suatu penilain yang relatif mengenai ke dua tokoh tersebut. Segi-segi perbandingan dan pertentangan harus disusun sekian macam sehingga kita dapat sampai kepada gagasan sentralnya.

       D.  Analogi
             Bila perbandingan dipertentangan memberi sejumlah ketidaksamaan dan perbedaan antar 2 hal, maka analogi merupakan perbandingan yang sistematis dari 2 hal yang berbeda tetapi dengan memperlihatkan kesamaan segi/ fungsi dari kedua hal tadi sebagai menunjukkan kesamaan-kesamaan antara 2 barang/ hal yang berlainan kelasnya. Bila seorang mengatakan: Awan dari ledakan bom atom itu, membentuk sebuah cendawan raksasa, maka perbandingan antara awan ledakan atom dan cendawan. Merupakan sebuah analogi sebab kedua hal itu sangat bebeda kelasnya, keduali kesamaan bentuknya.

       E.  Contoh
            Sebuah gagasan yang terlalu umum sifatnya, atau generalisasi-generalisasi memerlukan ilustrasi-ilustrasi yang konkret sehingga daapt difahami oleh pmebaca. Untuk ilustrasi terhadap gagasan-gagasan atau pendapat yang umum itu maka sering dipergunakan contoh-contoh yang konkret, yang mengambil tempat dalam sbuah alinea, tetapi harus diingat bahwa sebuah contoh sama sekali tidak berfungsi untuk membuktikan pendapat seseorang. Tetapi dipakai sekedar untuk menjelaskan maksud penulis dan hal ini pengalaman-pengalaman pribadi merupakan bahan yang paling efektif untuk setiap pengarang.

       F. Proses
           Sebuah dasar lain yang dapat juga dipergunakan untuk menjaga agar perkembangan sebuah alinea dapat disusun secara teratur adalah proses. Proses merupakan suatu urutan dari suatu kejadian/ peristiwa.

Dalam menyusun sebuah proses diperlukan hal-hal sebagai berikut:


#  Penulis harus mengetahui perincian-perincian secara menyeluruh
#  Penulis harus membagi proses tersebut atas tahap-tahap kejadiannya, bila tahap-tahap kejadian ini
    berlangsung dalam waktu-waktu yang berlainan, maka penulis harus memisahkan dan mengurutkannya
    secara kronologis
#  Penulis harus menjelaskan tiap tahap dalam detail yang cukup tegas sehingga pembacaan dapat melihat
    seluruh proses itu dengan jelas.Sehigga proses itu menyangkut jawaban atas pertanyaan-pertanyaan
    bagaimana mengerjakan hal itu? Bagaimana bekerjanya? Bagaimana barang itu disusun? Bagaimana hal itu
    terjadi?.

       G.  Sebab-Akibat
             Perkembangan sebuah alinea dapat juga pula dinyatakan dengan mempergunakan sebab-akibat sebagai dasar, dan hal ini sebab bisa bertindak sebagai gagasan utama, sedangkan akibat sebagai perincian pengembangannya. Tetapi daapt juga dibalik akibat dijadikan gagasan utama sedangkan untuk memahami sepenuhnya akibat itu perlu dikemukakan sejumlah sebab sebagai perinciaanya.
              Persoalannya sebab akibat sebenarnya sangat dekat hubungannya dengan proses, bila proses itu dipecah-pecahkan untuk mencari hubungan antara bagian-bagianya, maka proses itu dapat dinamakan proses kausal/ proses sebab akibat. Sebuah variasi dari sebab akibat ini adalah pemecahan masalah, pemecahan maslah yang bertolak dari hubungan kausal, tetapi tidak berhenti disitu saja, ia masih berjalan lebih lanjut menunjukkan jalan-jalan keluar untuk menjauhkan sebab-sebab tersebut atau menjauhkan akibat yang dihasilkan oleh sebab-sebab.

       H.  Umum-Khusus Dan Khusus-Umum
             Kedua cara ini, yaitu umum-khusus dan khusus-umum cara ini merupakan cara yang paling umum untuk mengembangkan gagasan-gagasan dalam sebuah alinea secara teratu. Dalam hal yang pertama gagasan utamanya di tempatkan pada awal alinwa, serta pengkhususan atau perincian-perincianya terdapat dalam kalimat berikutnya, sebaliknya dalam hal yang kedua mula-muladikemukakan perincianya, kemudian pada akhir alinea generalisasinya. Jadi yang satu bersifat deduktif, sedangkan lainnya bersifat induktif.
             Sebuah variasi dalam kedua jenis alinea itu adalah semacam penggabungan. Yaitu pada awal alinea terdapat gagasan utamanya ( jadi bersifat umum-khusus). Tetapi pada akhir alinea gagasan utama tadi diulang sekali lagi ( jadi bersifat khusus-umum ).

       I.  Klasifikasi
           Yang dimaksud dengna klasifikasi adalah sebuah proses untuk mengelompkkan barang-barang yang dianggap mempunyai kesamaan-kesamaan tertentu. Sebab itu klasifikasi bekerja kedua arah yang berlawanan.yaitu pertama, mempersatukan satuan-satuan kedalam kelompok, dan kedua, memisahkan kesatuan tadi dari kelompok yang lain. Dengan demikian klasifikasi mempunyai persamaan-persamaan tertentu baik dengan pertentangan dan perbandingan maupun dengan umum-khusus dan khusus-umum

       J.  Definisi luas
            Yang dimaksud definisi dalam pembentukan sebuah alinea adalah usaha pengarang untuk memberikan keterangan atau arti terhadap sebuah istilah atau hal. Disini kita tidak menghadapi hanya satu kalimat ( lihat definisi dalam baggian tentang kalimat), tetapi suatu rangkaian kalimat yag membentuk sebuah alinea. Malahan kadang-kadang untuk memberi pengertian yang bulat tentang pengertian itu, satu alinea dianggap belum cukup, sehingga diperlukan rangkaian dari pada alinea-alinea. Malahan dapat pulan dalam bentuk sebuah buku. Namun prinsip-prinsip definisi tetap sama. Di sini kita lebih sering menghadapi sebuah definisi luas daripada definisi formal biasa, atau definisi dengan menerapkan etimmologi kata atau istilah tersebut.
             Cara apapun yang dipergunakan untuk memperoloh kebulatan alinwa, prinsip kesatuan ide, perpaduan ( koherensi ) dan perkembangan yang baik tidak boleh dilanggar begitu saja. Pelanggaran atas prinsip-prinsip tersebut mengakibatkan tergangunya konsentrasi atas ide sentralnya.

       K.  Perkembangan Dan Kepaduan Antar Alinea
             Kesatuan-kesatuan yang kita sebut alinea ini tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan suatu unsur yang kecil dalam sebuah unit yang lebih besar, entah berupa bab maupun untu yang berupa sebuah karangan yang lengkap. Karena alinea merupakan unit yang lebih kecil, maka harus dijaga agar hubungan antara alinwa yang satu dengan alinea yang lain, yang bersama-sama membentuk unit yang lebih besar itu terjalin dengan baik.
             Tiap tulisan yang baik selalu akan berlolak dari sebuah tesis karya ilmiah. Tesis itulah yang dikembangkan dalam alinea-alinea yang mempunyai pertaliann yang jelas, baik pertalian dalam perkembangan gagasan maupun perpaduan alinea-alineanya. Karena hubungan yang jelas itulah pembaca dapat mengikuti uraian itu dengan jelas dan mudah.
             Seperti halnya dengan alinea, maka perpaduan antara alinea dapat juga dijamin dengan cara-cara seperti yang telah digunakan dalam sebuah alinea yaitu: repitisi yang dinamakan anafora. Anafora adalah perulangan kata yang sama pada kalimat yang berurutan atau dalam hal ini juga pada awal alinea yang berurutan. Disamping kata-kata kunci bisa dipergunakan kata ganti.

Artikel

Ratusan Lukisan Rampasan Nazi Ditemukan

          Seorang Jerman menyimpan ratusan lukisan terkenal rampasan Nazi di rumahnya. Diantaranya lukisan dari Pablo Picasso, Henri Matisse, Marc Chagall dan Max Liebermann.
          Seorang warga München menyimpan sekitar 1.400 lukisan dan sketsa rampasan rejim Nazi di rumahnya. Lukisan-lukisan terkenal itu selama ini dianggap hilang. Diantaranya puluhan lukisan dari Pablo Picasso, Henri Matisse, Marc Chagall, Paul Klee, Emil Nolde dan Max Liebermann.
          Lukisan-lukisan itu dirampas rejim Nazi selama berkuasa dari 1933 sampai 1945, dari para kolektor Yahudi. Para kolektor Yahudi dipaksa menjual koleksi lukisan mereka dengan harga sangat murah atau lukisan mereka dirampas begitu saja setelah dinyatakan sebagai karya seni tidak bermutu.
          Menurut majalah berita "Focus", lukisan-lukisan itu ditemukan di rumah seorang warga München Cornelius Gurlitt yang berusia sekitar 80 tahun dan hidup sendiri. Lukisan itu disimpan di samping tumpukan sampah dan makanan kaleng yang sudah kadaluarsa.
          Gurlitt sempat diperiksa petugas pajak dalam perjalanan ke Swiss karena membawa uang tunai 9.000 Euro pada tahun 2010. Petugas pajak menjadi curiga dan menguntit pria tersebut. Awal 2012, polisi lalu menggeledah rumahnya dan menemukan lukisan-lukisan itu. Tapi kasus tersebut dirahasiakan polisi sampai akhirnya diungkap majalah "Focus".
          Majalah "Focus" memberitakan, ayah Cornelius Gurlitt adalah seorang pedagang dan kolektor lukisan yang cukup terkenal selama Perang Dunia II, Hildebrand Gurlitt. Setelah Nazi naik ke tampuk kekuasaan, ia sempat dipecat dari jabatannya sebagai Direktur Musium Hamburg. Namun karena ia punya jaringan luas di dunia seni, ia akhirnya ditugaskan untuk menjual karya seni rampasan Nazi.
          Rejim Nazi menyita dan menyimpan ribuan lukisan milik warga Yahudi selama perang. Hildebrand Gurlitt lalu menyembunyikan lukisan-lukisan tersebut setelah perang. Kepada pihak berwenang ia mengatakan, semua lukisan sudah hancur terbakar dalam serangan bom selama perang. Ternyata ia mewariskan barang-barang berharga itu kepada anaknya.
          Cornelius Gurlitt sempat menjual beberapa lukisan di Jerman dan Swiss dan hidup dari uang penjualan itu. Ketika polisi menyita lukisannya, ia tidak melakukan perlawanan. Barang-barang tersebut saat ini disimpan di kantor pajak Garching. Seorang ahli sejarah seni ditugaskan memeriksa keasliannya.Menurut pengamat hukum, jika pemilik lukisan-lukisan itu tidak bisa diidentifikasi lagi, maka karya-karya tersebut harus dikembalikan kepada pemiliknya yang sekarang. Ia mungkin hanya menghadapi gugatan penggelapan pajak.


Sumber Referensi:

* http://raipeza24.blogspot.com/2011/10/pengertian-paragraf-alenia.html/

* http://mziadilmi.blogspot.com/2013/01/pengertianstrukturtujuanmacam.html/

* http://www.dw.de/ratusan-lukisan-rampasan-nazi-ditemukan/a-17202909?maca=ind-rss-ind-all-1487-rdf/

* http://id.wikipedia.org/wiki/Alinea/



Categories:
:cendolbig :batabig :ilovekaskus :kiss :najis :marah :repost :sup2 :takut :shakehand2 :hammer :toast :cystg :selamat :2thumbup :matabelo :request :babyboy1 :sorry :travel :kimpoi :ultah :rate5 :bola :kbgt :iloveindonesia :maho :nosara :berduka :ngakak :recsel :ngacir2 :bingung :cd :peluk :hoax :dp :malu :cekpm :thumbup :angel1 :kr :nohope :ngacir :salahkamar :cool :sup :mewek :babyboy :babygirl

Leave a Reply